Rabu, 24 September 2014

PCB (PRINTED CIRCUIT BOARD)


Nama   : Ona Anisa 
Kelas   : 1 CB
             Nim     :061430700545
PCB


Printed Circuit Board atau biasa disingkat PCB adalah sebuah papan yang digunakan untuk mendukung semua komponen-komponen elektronika yang berada diatasnya, papan PCB juga memiliki jalur-jalur konduktor yang terbuat dari tembaga dan berfungsi untuk menghubungkan antara satu komponen dengan komponen lainnya.

PCB digunakan sebagai dasar dari semua rangkaian elektronika yang sering kita jumpai, karena papan jenis ini akan menjadi tempat melekatnya komponen elektronika dengan dilekatkan menggunakan solder yaitu dengan bantuan timah yang dicairkan. Untuk membuat jalur pada PCB maka harus melalui beberapa proses yang tidak mudah, mulai dari menggambar skema rangkain sampai melukis pada papan tersebut sebelum akhirnya dilarutkan dalam cairan asam sehingga papan tersebut membentuk jalur seperti dibawah ini.



Bahan yang digunakan untuk membuat PCB adalah sejenis fiber sebagai media isolasinya yang dilapisi cat berwarna hijau, sedangkan untuk jalur konduktor menggunakan tembaga. Ada beberapa macam jenis PCB menurut kegunaannya yaitu PCB 1 side (biasa digunakan pada rangkaian elektronika seperti radio, TV, dll) PCB double side (maksudnya kedua sisi PCB digunakan untuk menghubungkan komponen) dan PCB multi side ( bagian PCB luar maupun dalam digunakan sebagai media penghantar, misalnya pada rangkaian-rangkaian PC).

Jalur rangkian pada PCB yang digunakan untuk CPU dan alat elektronika lain pada saat ini umumnya lebih kompleks karena melibatkan dua sisi atau lebih sebagai media penghantarnya. Hal ini dikarenakan efisiensi dari penggunaan papan tersebut harus diperhatikan, dan mengingat pada ukuran yang kecil harus memenuhi segala hal yang diperlukan maka dibuatlah desain yang demikian.


2.5 jenis-jenis jendela kerja (windows) pada protel 99SE
Sebelum mulai mendesain skema rangkaian  dan layout PCB dengan protel 99 SE, perlu kiranya anda untuk mengenal dan mempelajari beberapa istilah-istilah yang berhubungan dengan jendela kerja (windows) protel 99SE. pemahaman akan hal tersebut dapat memudahkan anda dalam menggunakan berbagai macam aplikasi pada program protel 99SE, terutama pada saat proses desain skema rangkaian dan layout pcb diakukan.
Keterangan nama dan fungsi dari jendela kerja protel 99 SE adalah sebagai berikut :
1.       Design manager adalah jendelah kerja yang berfungsi unuk menampilkan jenis file yang telah ada ataupun yang akan dibuat. Design manager juga dapat digunakan untuk memperoleh perintah-perintah dalam pengeditan dokumen.
2.       Active design stations merupakan jendela kerja untuk menunjukan computer mana saja aaayang terhubung dengan aplikasi-aplikasi protel99SE. hal ini bergna saat pembuatan rangkaian elektronika bersama-sama dalam suatu jaringan antara satu computer dengan computer lainnya.
3.       Design team berfungsi untuk mengedit otoritas file. Design team juga dapat digunakan untuk memproteksi file yang telah dibuat dengan kata kunci(password) sehingga tidak sembarang orang bisa mengubah design rangkaiana ataupun layout PCB yang telah dibuat.
4.       Design window adalah jendela kerja yang menunjukkan tampilan jenis dokumen dan lembar kerja yang sedang di desain.
5.       Active design multilayer adalah pilihan tab pada PCB editor yang menetukan tempat layer yang sedang digunakan.
6.       Design tab menunjukkan nama dari jenis file, dokumen, ataupun lembar kerja yang sedang digunakan.
7.       Design explorer menu adalah menu-menu pilihan program protel 99 SE yang akan ditampilkan dalam bentuk jendela explorer.
8.       Help advisor adalah tombol pintas yang berisikan dokumen-dokumentasi penggunaan protel 99 SE. fasilitas ini dibuat dalam bentuk tampilan pencarian kata kunci sehingga dapat membantu anda ketika menemui kesulitan dalam menguunakan program protel 99SE.
9.       Main menu adalah tombol-tombol utama berisi beberapa perintah kerja penting saat proses perancangan dilakukan. 

download file 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar