LAPORAN INTERFACE AND PERIPHERAL
Oleh :
Nama : Ona Anisa
Kelas : 2CB
NIM :
061430700545
Dosen pembimbing : Ali Firdaus S.Kom,M.Kom.
JURUSAN TEKNIK KOMPUTER
POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA
2015
“RANCANG BANGUN SSTEM KENDALI KONTROL LAMPU
DENGAN 2 RELAY”
Sistem kendali
kotrol lampu dengan 2 relay merupakan rancang bangun yang mengontrol lampu
melalui laptop atau komputer menggunakan
program, program yang digunakan untuk mengontrol lampu dengan relay telah
tersedia banyak macam da versinya. Untuk mengontrol lampu 2 relay bisa
menggunaka program geany,progisp,codevision AVR dan lain sebagainya. Untuk
memasukkan programnya diperlukan 2 alat tambahan yaitu downloader dan sistem
minimum.
1. Downloader
Downloader
merupakan salah satu rangkaian yang sangat penting dalam mikrontroler, dimana
alat ini digunakan untuk mengisi Atmel atau memasukkan program. ke chip
mikrokontroler sehingga programe bisa dijalankan oleh Atmel yang digunakan.
Rangkaian ini menggunakan Atmega 8 dan rangkaian ini perlu diisi programe dulu
sehingga bisa berfungsi sebagai downloader.
Berikut
komponen-komponennya.
No.
|
Nama Komponen
|
Keterangan
|
1
|
Capasitor (C1, C2) = 22pF
|
2 buah
|
2
|
Capasitor Elco (C3) = 10v/4,7 µF
(tidak boleh terbalik memasang
Lapisan hitam bertanda Positif
(+) lapisan putih bertanda (-) Negatif
|
1 Buah
|
3
|
Capasitor (C4) = 104nF
warna orange
|
1 Buah
|
4
|
Dioda Zener (D1, D3) = 3V6 atau
3V3
|
2 Buah
|
5
|
IC1 = ATMEGA8 16 PU
Atau
IC1 = ATMEGA8 16 PI
|
1 Buah
|
6
|
LED1 = LED Red
|
1 Buah
|
7
|
LED2 = LED Green
|
1Buah
|
8
|
Kristal (Q1) = 12Mhz
|
1 Buah
|
9
|
Resistor ¼ Watt (R5, R6) = 68 Ohm
(warna : Biru,
Abu-abu) hanya 2 warna
|
2 Buah
|
10
|
Resistor ¼ Watt (R8) = 2,2 kOhm
Warna : (Merah, Merah, Merah)
|
1 Buah
|
11
|
Resistor ¼ Watt (R1, R2) = 330
Ohm
Warna : Orange, Orange, Coklat
|
2 Buah
|
12
|
Resistor ¼ Watt (R7) = 10 kOhm
Warna : Coklat, Kuning
|
1 Buah
|
13
|
Resistor ¼ Watt (R3) = 1 kOhm
Warna : Coklat, Orange
|
1 Buah
|
14
|
Conector (X1) = USB
|
1 Buah
|
15
|
Soket IC ATMega 8
(28 Pin Kaki nya)
|
1 Buah
|
2.
Sistem minimun
Sistem minimum (sismin) mikrokontroler adalah
rangkaian elektronik minimum yang diperlukan untuk beroperasinya IC
mikrokontroler. Sismin ini kemudian bisa dihubungkan dengan rangkaian lain
untuk menjalankan fungsi tertentu. Di keluarga mikrokontroler AVR, seri 8535,
16 dan 32 adalah seri yang sangat banyak digunakan. Ketiga seri tersebut memiliki jumlah dan karakteristik
I/O yang sama. Ketiganya memiliki 4 port A, B, C, dan D yang masing-masing port
memiliki 8 pin. Sehingga jumlah pin I/O yang tersedia adalah sebayak 32 pin.
Untuk membuat rangkaian sismin Atmel
AVR 16, 32, dan 8535 diperlukan beberapa komponen yaitu:
IC mikrokontroler ATmega8535
1 XTAL 4 MHz atau 8 MHz (XTAL1)
2 kapasitor kertas 22 pF.
1 kapasitor elektrolit 10 uF.
2 resistor yaitu 300 ohm dan 4K7 ohm.
1 tombol reset pushbutton.
1 LED.
konektor header (sesuai dengan kebutuhan).
3. Schematic
Rangkaian Relay
Daftar Komponen
a. Komponen
untuk rangkaian schematic relay :
1. Transistor
D313 (2)
2. Relay
6 v (2)
3. LED
(2)
4. Resistor
100 ohm (2)
5. Dioda (5)
6. Pin
header male
7. Terminal
blok (2)
8. Kapasitor
2200mf (1)
9. Kapasitor
100 mf (1)
10. IC
7812 (1)
b. Komponen
untuk rancang bangun Alat kontrol
1.
Papan peyangga atau apa saja yang bisa
digunakan untuk menempatkan alat.
2.
Trafo (1)
3.
Lampu bohlam 5 watt (2)
4.
Dudukan lampu (2)
5.
Kabel 2 meter
Merancang bangun alat
Jika
semua komponen telah lengkap dan rangkaian relay telah jadi, maka langkah
selanjutnya ialah merangkai rancang bangun lampunya.
1.
Pasanglah stop kontak pada tiap lampu
dan juga trafo.
2.
Buatlah pengkabelan pada lampu kemudian
putuskan salah satu kabel, sambungkan ke kaki output relay. Kemudian sambung ke
stop kontak.
3.
Sambungkan 2 pin rangkaian relay ke
trafo sebesar 9 volt. Trafo ini berfungsi untuk menghidupkan indikator LED pada Rangkaian Relay.
4.
Sambungkan stop kontak lampu ke terminal
listrik 220 volt. Hal ini bertujuan untuk memperkuat arus listrik sehingga
dapat menghidupkan lampu.
Pada
prinsipnya rangkain pengontrol lampu ini memanfaatkan sifat dari relay yaitu NC
dan NO. kita dapat mengontrol lampu melalui laptop/pc dengan memberi arus untuk
memicu relay supaya tersambung secara otomatis melalui sismin. Sehingga melewatkan
arus ke Lampu.
Untuk mengotrol
lampu dengan relay kita bisa menggunakan PORTA ,PORTB, PORTC dan PORTD dari sistem minimum. Disini digunakan
PORT A dan PORT B untuk memudahkan dalam memrogram di codevision AVR nantinya. Program
yang digunakan adalah program yang berfungsi untuk memicu arus ke pin-pin PORT
sismin untuk menghidupkan lampu dengan Biner. Logika dari program ini adalah
jika diberi Biner 1 maka arus akan mengalir di Port Tersebut dan Apabila diberi
Biner 0 maka arus tidak akan mengalir ke
PORT tersebut. Maka untuk membuat program menghidupkan lampu kita hanya
perlu memodifikasi logika biner tersebut pada PORT-PORT yang tersedia di
sismin.
Mengisi program menggunakan codevison avr dan progisp
1. buka program code vision
2. klik file --> new -->pilih projectà klik ok -->
klik yes
3. Kemudian
akan muncul dialog sebagai berikut, pilih AT90,Atiny,Atmega --> klik
ok
6. Edit
chip dan clock sesua dengan nilai yang ada pada downloader yang kita pakai.
7.
Kemudian klik ports. Pada ports settings
atur ports mana yang akan dipakai, untuk menghidupkannya klik pada In, sampai
berubah menjadi out.
8. Simpan
semua file dengan nama yang diinginkan.
9.
Maka akan muncul lembar kerja sebagai
berikut
Contoh program menghidupkan semua lampu
while (1)
{PORTA:
0b11111111; (lampu A hidup)
PORTB:
0b11111111; (lampu B hidup)
// Place your
code here
}
Kemudian klik menu Build -->
Pilih Build All, tunggu sampai proses compiling selesai. Jika telah selesai maka
akan keluar dialog berikut ini lalu klik
OK.kemudan klik fileàsave. Maka program akan tersimpan dengan extension
.hex. perlu diperhatikan bahwa untuk memasukkan program ke sismin harus
berextension .hex.
11. Kemudian
bukalah program PROGISP seperti gambar di bawah ini.
Sebelum memasukan
program ke sismin, siapkan dahulu semua alat yang diperlukan seperti
downloader,sismin,rangkaian relay, dan rangkaian lampu.
1.
Sambungkan downloader ke sismin dengan
kabel pelangi. Kemudian sambungkan pin port A ke pin lampu A, dan pin Port B ke
pin lampu B. jangan lupa untuk memberi jumper ke vcc dan ground. Perhatikan Lampu
mana yang tersambung ke PORTA atau PORTB agar lebih mudah mengontrolnya dan
supaya tidak terbalik.
2.
Sambungkan downloader ke laptop
menggunakan USB tipe B. tunggu hingga USBasp di deteksi oleh laptop, akan
tetapi jika USBasp belum dikenali oleh windows ,maka harus di install terlebih
dahulu yaitu dengan cara klik startàklik kanan my
computer àklik
device manageràklik
kanan USBaspàinstall
driver… install USBasp dengan driver yang compatible dengan sistem operasi.
3.
Jika telah selesai. Kita masuk ke
program progisp kembali.
4.
Pilih chip atmega8535, sesuai dengan
downloader yang digunakan.
5. Klik file à load Flash,
cari file yang telah disimpan dengan extension .hex biasanya file berextension
.hex akan tersimpan dalam folder EXE di dalam folder BIN dari program
CodeVision AVR. Pilih file yang diinginkan. Kemudian klik auto.
6.
Maka program akan terisi ke sismin dan
menggerakkan relay untuk menghidupkan lampu.
7.
Untuk menghapus program dan mematikan
lampu klik erase.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar